arhakimclouds.blogspot.com, Jakarta - Indonesia berencana menggelar tur balap sepeda terpanjang dan terlama di dunia. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan tur ini akan diberi nama “Tour de Nusantara” dan akan digelar tahun depan.

Imam mengatakan, salah satu alasan pilihan tur balap sepeda, selain olahraga ini tidak asing bagi masyarakat Indonesia, kompetisi ini akan menggerakkan pembangunan infrastruktur jalan di seluruh pelosok Indonesia. “Semua daerah nanti bisa berlomba-lomba agar daerahnya dilewati jalur balap sepeda ini,” kata Imam saat mengunjungi kantor Tempo, Senin lalu.

Menurut Imam, agenda besar yang akan diadakan pada 2017 itu direncanakan melintasi wilayah Indonesia sepanjang 17.600 kilometer. "Event ini akan dipersiapkan sebagai event sepeda terlama dan terpanjang di dunia," kata Imam.

Penyelenggaraannya selama tujuh bulan dan diharapkan seluruh rakyat Indonesia turut menyukseskan olahraga bersepeda ini.

Selama ini Indonesia sudah punya agenda balap sepeda bergengsi tingkat internasional, termasuk Tour de Singkarak, Tour de Banyuwangi Ijen, Tour de Flores, dan terakhir Tour de Linggarjati yang berakhir pekan lalu. Dalam perhelatan ini, ratusan pembalap dan puluhan klub dari berbagai negara ikut bersaing.

NUR HARYANTO