arhakimclouds.blogspot.com, Jakarta - Ribuan jamaah memadati masjid Istiqlal jelang salat Jumat, 4 November 2016. Hampir semuanya adalah para peserta unjuk rasa Aksi Bela Islam II yang berlangsung di depan istana negara siang hari.

Membludaknya jamaah yang datang ke Istiqlal, membuat antrean panjang dan kepadatan di tempat wudhu masjid. Sebabnya, banyak di antara jamaah yang terpaksa menggunakan berbagai macam cara untuk berwudhu.

Baca:
Demo 4 November, Istana Dikepung Massa dari Empat Sisi
D
emo 4 November, Polisi Tutup Akses ke Perumahan Ahok

Beberapa di antara mereka ada yang menggunakan air minum dalam kemasan untuk berwudhu. Ada pula yang berwudhu di tempat khusus wanita. Bahkan ada yang memanfaatkan air mancur di tugu Adipura Jakarta Pusat yang ada di seberang Istiqlal.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdulsalam sebelumnya mengatakan, dalam mengantisipasi membludaknya jamaah, pihaknya hanya bisa menjaga aliran air bersih dan fasilitas penerangan untuk melayani para pendemo ini. "Kami cuma bisa imbau, hemat air dan hemat listrik," katanya 4 November 2016.

Ribuan massa telah bergerak dari Masjid Istiqlal menuju Istana Negara. Massa yang berjalan kaki memadati jalur-jalur di sekitar lingkaran monas

AHMAD FAIZ